Akibat Kasus Pelecehan, Keuskupan Katolik Los Angeles Bayar 10 Juta Dolar

mahonyKEUSKUPAN Katolik Los Angeles dilaporkan telah setuju untuk membayar denda 10 juta USD bagi empat orang yang diduga dilecehkan oleh seorang mantan pendeta.

Pengacara korban mengumumkan pada hari Selasa (12/3) bahwa pejabat tinggi gereja – atau sering disebut Kardinal – Los Angeles, Roger Mahony baru-baru ini menyetujui penyelesaian pembayaran 9,99 juta USD, atas dugaan pelecehan seksual oleh mantan Pendeta Michael Baker di akhir 1990-an.
Mahony saat ini sedang mengambil bagian dalam konklaf Vatikan untuk memilih paus baru, meskipun ia baru saja kehilangan semua tugasnya publiknya.

Tugasnya mulai dilucuti setelah rilis publik lebih dari 12 ribu halaman file rahasia, yang mengungkapkan bagaimana para pejabat gereja Mahony dan lainnya, diketahui telah melakukan tindak asusila terhadap anak-anak. Di samping itu kementerian hukum juga ikut membantu untuk menutupi kejahatan mereka.

Pada tahun 1986, Baker mengaku bahwa Mahony telah melakukan pelecehan seksual terhadap dua anak laki-laki.

File-file menunjukkan bukti bahwa Mahony bekerja sama dengan para pejabat gereja agar tidak melaporkan pelanggarannya ke polisi.

Akhirnya pada tahun 2007 kejahatan Baker terbongkar, dan ia dijatuhi hukuman penjara atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak. (Islampos)

Komentar