Kejadian Luar Biasa flu di negara bagian New York


Korban fluPemberian vaksi flu di AS juga direkomendasikan untuk anak-anak.

Gubernur Negara Bagian New York, Andrew Cuomo, menyatakan keadaan darurat kesehatan karena penyebaran wabah flu tahun ini.

Dengan status baru ini maka vaksin influenza lebih mudah didapat warga sementara apotek dibolehkan memberikan suntikan vaksin termasuk terhadap anak-anak.

Hampir 20.000 kasus flu dilaporkan menjangkiti warga New York musim ini, empat kali lipat lebih tinggi dari jumlah kasus pada musim dingin tahun lalu.

Wabah flu kemudian menyebar ke seluruh penjuru AS.
Sudah lewat
Pekan lalu 7,3% dari jumlah kematian yang terjadi di AS disebabkan oleh radang paru (pneumonia) serta flu, sedikit di bawah skala penularan epidemi, kata Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit AS.

Gejala flu sudah menyebar di 47 negara bagian, naik pesat dari penyebaran di 41 negara bagian pekan lalu.


Sejumlah pakar kesehatan merekomendasikan pemberian suntikan vaksin flu yang diketahui efektif 62%.


Musim flu tahun 2012-13 ini disebut-sebut bermula lebih awal dari biasanya, dimana sebagian kasus diwarnai dengan jenis flu tipe H3N2, yang bisa berakibat fatal.


Tetapi sebagian pengamat menilai dengan tingginya skala penyebaran dan jumlah kasus kemudingkinan puncak situasi buruk akibat flu tahun ini sudah lewat.


Negara bagian yang tidak dinyatakan menjadi wilayah penyebaran wabah flu saat ini tinggal California, Hawaii serta Mississippi.


Gejala flu biasanya termasuk demam, batuk, hidung berair, badan ngilu dan kelelahan.


Pada kasus flu yang parah flu diikuti pula dengan muntah dan diare atau bisa berkembang jadi pneumonia. Tetapi sebagian besar kasus dinyatakan berstatus ringan. (detikcom)

Komentar