Setiap 65 Menit, Veteran Amerika Mati Bunuh Diri

TREN bunuh diri para prajurit AS semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan penelitian terbaru oleh pemerintah AS, bunuh diri di kalangan veteran militer juga menunjukkan peningkatan dari sebelumnya. Jika dirinci, setiap hari terjadi 22 kasus kematian atau rata-rata setiap 65 menit sekali, terjadi kasus bunuh diri.


Penelitian yang dirilis pada hari Jum’at (1/2) oleh Departemen Urusan Veteran AS (VA), telah membandingkan kasus bunuh diri antara tahun 1999-2010 dengan yang terjadi saat ini. Awalnya VA memperkirakan ada sekitar 18 kematian veteran setiap harinya di AS, namun perhitungan ini tidak tepat.

Lebih dari 69 persen kasus bunuh diri, dilakukan oleh veteran yang berusia 50 tahun atau lebih, VA melaporkan.

“Data ini memberikan lebih fakta lengkap, lebih akurat, namun menyedihkan. Angka ini sangat mengkhawatirkan bagi kasus bunuh diri di kalangan veteran,” kata Senator Demokrat Patty Murray dari Negara bagian Washington. Murray telah memperjuangkan undang-undang untuk memperkuat pelayanan kesehatan mental bagi veteran.

Berita mengenai tingginya kasus bunuh diri ini menambah daftar buruk militer AS pada tahun 2012, di mana selain tewas akibat pertempuran, sebanyak 349 tentara yang masih aktif bertugas memilih untuk bunuh diri.

Jumlah kasus bunuh diri veteran di AS naik 11 persen dari tahun 2007 hingga tahun 2010, menurut laporan VA.(Islampos)

Komentar