Qatar; Pemasok Utama Bantuan dan Senjata Bagi Pasukan Anti-Assad

QATAR dilaporkan telah menjadi pemasok utama persenjataan dan bantuan dana untuk Tentara yang melawan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Menurut laporan, sejumlah besar uang dan senjata saat ini sedang dipindahkan dari Libanon ke Suriah oleh jaringan intelijen Qatar dan agen Lebanon, surat kabar Lebanon Ad-Diyar melaporkan pada hari Rabu (3/10).

Jaringan ini dilaporkan diawasi oleh agen Inggris dan Perancis.
Pekan lalu, Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani mengakui bahwa Doha telah “menggunakan segala cara yang tersedia,” untuk membantu oposisi Suriah.

Qatar sejauh ini telah menghabiskan miliaran dolar dalam upaya untuk menggulingkan Presiden Assad. Sebagian dari dana tersebut diyakini telah dibayarkan kepada koalisi yang didukung Barat dan pendukungnya pada 14 Maret 2012.

Negara-negara Barat telah menyerukan Assad untuk mundur. Namun, Rusia dan China sangat menentang kebijakan Barat untuk menggulingkan Assad.

Pemerintah Suriah mengatakan bahwa kekacauan yang terjadi telah diatur oleh luar negeri.  Beberapa sumber mengatakan bahwa sejumlah pasukan bersenjata yang melawan pemerintah Assad, sebagian besar dari Mesir, Aljazair, Arab Saudi, dan Afghanistan.

Komentar