Klip Youtube ''Muslim Demographics'' Membuat Heboh Kalangan Uskup di Vatikan

Seorang Kardinal Katolik Roma telah menyebabkan kegemparan di Vatikan dengan melakukan pemutaran klip video YouTube yang membuat prediksi alarmis tentang meningkatnya pertumbuhan Islam di Eropa.

Klip berdurasi tujuh menit, berjudul “Muslim Demographics” menjadi pembicaraan dari pertemuan internasional para uskup pada Senin lalu, dua hari setelah Kardinal Peter Turkson menampil klip itu selama sesi diskusi bebas.

Turkson, seorang warga Ghana yang berbasis di Vatikan dan presiden Dewan untuk Keadilan dan Perdamaian, memicu kekhawatiran di kalangan sesama uskup akibat memutar klip tersebut.

“Ketika kami tiba pagi ini saya ditanya beberapa kali ‘Siapa yang merencanakannya? Siapa di balik itu semua?” kata Pastor Thomas Rosica dalam briefing bagi para jurnalis, yang tidak diizinkan untuk menghadiri sesi sinode.

Dia mengatakan klip telah memicu diskusi hangat pada konferensi yang berlangsung selama tiga minggu, dan satu uskup mengatakan ia akan membantah Turkson dengan menghadirkan sebuah laporan dengan data sebaliknya.

Klip telah membawa Islam ke puncak agenda di acara sinode, yang dihadiri oleh 262 uskup. “Islam adalah kata kunci,” kata Rosica.

Turkson tidak bisa dihubungi untuk mengomentari mengapa ia memilih untuk memutar sebuah video selama pertemuan di Vatikan, di mana para uskup harusnya membahas cara memenangkan kembali banyaknya Katolik Roma yang telah murtad di negara maju.

Klip yang sudah lama ini, yang telah dilihat lebih dari 13 juta kali di YouTube sejak diunggah oleh seorang pengguna anonim pada tahun 2009, menggabungkan musik dramatis dengan statistik populasi yang mengklaim tentang umat Islam di berbagai negara Eropa seperti “Hanya dalam 39 tahun Perancis akan menjadi republik Islam republik.

Kritikus telah menunjukkan bahwa angka kesuburan yang digunakan dalam video itu, yang mengklaim wanita Perancis memiliki rata-rata 1,8 anak sementara wanita Muslim Perancis memiliki 8,1 anak, tidak murni karena Perancis tidak mengumpulkan statistik berdasarkan agama

Komentar