Penyusup Taliban Kembali Tembak Mati 4 Tentara ISAF di Afghanistan

HERAT, AFGHANISTAN - Para anggota dan simpatisan Taliban yang menyusup di pasukan keamanan Afghanistan kembali berhasil membunuh 4 tentara asing yang tergabung dalam misi di Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO di Afghanistan.

Setidaknya 4 tentara ISAF-NATO asal Spanyol tewas dalam penembakan yang terjadi di distrik Karkh provinsi Herat di barat Afghanistan pada Senin (31/12/2012) malam.

Seorang juru bicara Taliban menyatakan bahwa kelompok tersebut bertanggung jawab di balik serangan tersebut dan mengatakan serangan yang dilakukan oleh para pejuang mereka menewaskan sedikitnya 4 tentara Spanyol.

Sementara itu para pejabat di provinsi Herat Afghanistan mengkonfirmasi serangan tersebut, mengatakan dua tentara nasional Afghanistan menembaki konvoi tentara Spanyol di distrik Karkh pada Senin (31/12/2012) malam.

Seorang pejabat keamanan setempat berbicara pada kondisi anonimitas mengatakan, dua aparat militer Afghanistan tersebut merupakan anggota brigade ke-3 dari tentara nasional Afghanistan di provinsi Herat. Ia mengklaim tentara Spanyol tidak menderita korban.

Pejabat itu juga mengatakan bahwa kedua petugas keamanan Afghanistan itu berhasil meloloskan diri dari daerah tersebut dan keduanya kemungkinan memiliki hubungan dengan kelompok pejuang Taliban.

Sementara itu para saksi mata di daerah tersebut mengatakan sedikitnya tiga tentara Spanyol terluka menyusul serangan tersebut dan dibawa ke rumah sakit militer Herat.

Herat adalah provinsis yang relatif damai di Afghanistan barat dan ini adalah serangan pertama oleh penyusup dari tentara Afghanistan pada rekan internasional mereka di provinsi tersebut.

Pembunuhan penyusup oleh warga Afghanistan yang berseragam pasukan keamanan melawan sekutu asing mereka meningkat secara dramatis pada tahun 2012, mengikis kepercayaan antara kedua belah pihak pada saat titik balik penting dalam perang dan ketika pasukan NATO dan mitra mereka dari Afghanistan berada dalam kontak yang lebih akrab.

Spanyol sendiri telah menempatkan sekitar 2.000 tentara di bawah misi Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO di Afghanistan. Mereka berbasis di provinsi Badghis barat.

Komentar