Gadis Saudi Kabur Di Malam Pernikahan Karena Dinikahkan Dengan Kakek 90 Tahun

SEORANG gadis Saudi berusia 15 tahun dinyatakan melarikan diri setelah dinikahkan oleh orang tuanya dengan seorang laki-laki berusia 90 tahun. Gadis itu melarikan diri tepat di malam pernikahan.
 
Suaminya yang tak mau disebutkan namanya berang dan menuntut uang balik kepada orang tua si gadis senilai sekitar Rp 200 juta.


Pengantin pria itu, dilaporkan oleh harian Al-Hayat, mengatakan bahwa keluarga gadis itu memang sudah berniat untuk menipunya sejak awal. Padahal, ia sudah memberikan mahar senilai 65 ribu riyals.


“Saya merasa bahwa ada konspirasi oleh ibunya terhadap saya,” kata laki-laki tersebut. “Saya akan pergi ke pengadilan besok dan menuntut agar orang tuanya memberikan uang saya kembali.”


Para aktivis di Arab Saudi sendiri telah meminta pihak berwenang untuk campur tangan untuk memastikan bahwa si gadis yang sekarang kemungkinan berada di Jizan, sebuah kota selatan dekat perbatasan dengan Yaman, tidak dikembalikan kepada orang itu.


“Pemerintah harus campur tangan segera untuk menyelamatkan gadis ini dari bencana,” kata Suhaila Zain al-Abdin, ketua Perhimpunan Nasional Hak Asasi Manusia Saudi.


Abdullah Bin Saleh Al-Hadeithi, anggota Dewan Syura atau badan legislatif Arab Saudi, mengatakan bahwa Departemen Kehakiman telah mengisyaratkan akan merancang peraturan batas usia pernikahan. Ali Abdul Rahman al-Roumi, seorang peneliti universitas, melaporkan bahwa tahun lalu bahwa lebih dari 5.000 anak perempuan di bawah usia 14 tahun dinikahkan di Arab Saudi. (Islampos)

Komentar