Bro, Kok Nggak Sholat Ke Masjid?

Sholat, adalah amal ibadah kita yang akan dihisab nanti di akherat. Dan sholat juga adalah pembeda antara muslim dengan kafir. Dengan sholat juga kita bisa memperoleh ketenangan dan kedamaian dalam hati.

Begitu pentingnya ibadah sholat buat kita para muslim, tapi kenyataan yang kita lihat sekarang ini sangat miris sekali. Banyak banget para cowok yang sengaja meninggalkan sholat ataungeles dengan beraneka rasa dan alasan, buat ngehalalkan segala cara biar nggak jadi terdakwa karena mereka males ke masjid.

Padahal bro, kalau aja kita tahu bahkan orang buta sekalipun wajib melaksanakan shalat berjama’ah. Secara, mereka mungkin bisa beralasan dengan "kelemahan" mereka dalam melihat. Tapi tetep aja nggak ada keringanan buat mereka, walaupun juga rumah mereka berjauhan dari masjid.

Abu Hurairah radhiyallahu’anhu meriwayatkan bahwa suatu ketika ada seorang buta yang datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dia berkata, “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku tidak memiliki penuntun yang selalu membimbingku untuk berangkat ke masjid.”

Dia bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tujuan meminta keringanan agar boleh mengerjakan shalat di rumah, maka beliau pun memberikan keringanan untuknya. Akan tetapi, ketika dia berpaling (hendak pulang) maka beliau menanyakan kepadanya, “Apakah kamu masih mendengar adzan untuk shalat (berjama'ah)?”. Dia menjawab,”Iya.” Maka Nabi pun mengatakan, “Kalau begitu penuhilah panggilan itu.”
(HR. Muslim)

Bener- bener, untuk alasan sholat berjamaah ini, Rasulullah SAW serius buat memberikan ancaman yang keras bagi para kaum muslimin yang nggak mengerjakan sholat berjamaah di masjid. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sungguh, aku pernah bertekad untuk menyuruh orang membawa kayu bakar dan menyalakannya, kemudian aku akan perintahkan orang untuk mengumandangkan adzan untuk shalat (berjama'ah) kemudian akan aku suruh salah seorang untuk mengimami orang-orang (jama'ah) yang ada lalu aku akan berangkat mencari para lelaki yang tidak ikut shalat berjama’ah itu supaya aku bisa membakar rumah-rumah mereka.” (HR. Bukhari & Muslim).

Friend, Kalau aja hal itu dilaksanakan dijaman sekarang, maka bakalan sedikit rumah- rumah yang "selamat". Dan tau nggak, secara gitu, Rasulullah yang begitu berkasih sayang dengan ummatnya, bahkan sangat marah sehingga ingin membakar rumah orang-orang yang sholat fardhu dirumahnya, padahal suara adzan terdengar dari tempatnya berada.  Trus.. hellooo gimana cerita wahai cowok- cowok yang mengaku muslim, yang sehat segar bugar, dan yang nggak punya udzur syar’i, kenapa kita masih saja bisa santai- santai dengan peringatan ini?

So, udah saatnya sisa umur kita ini kita buat untuk ngelakuin kebaikan. Buang deh jauh- jauh perasaan takut atau kawatir dianggap sok alim, gara- gara "tongkrongan" kita beralih dari mall ke masjid- masjid.

Ayo mulailah berjamaah ke masjid! Kalau nggak kita yang muda- muda ini yang memberi contoh buat memakmurkan masjid, ya siapa lagi? Malu kali tuh sama bapak- bapak atau kakek- kakek yang udah uzur, tapi masih sangat rajin ke masjid. Perbaikan diri emang penting banget buat kita lakuin sekarang, bro. Bukankah kita muslim sejati?. Dan semoga Allah selalu menggugah kesadaran kita semua untuk selalu taat kepadaNya. (NayMa/voa-islam.com)

Komentar